• Jalan Raya Gunung Putri Selatan RT 01 RW 05 No 91
  • 085664477350
  • desagunungputri1@gmail.com
INFO
  • DESA GUNUNGPUTRI MANDIRI (MAJU, AMAN, DEMOKRATIS DAN RELIGIUS) "MAJU BERSAMA MEMBANGUN DESA

Bupati Bogor Apresiasi Peran IWAPI Kabupaten Bogor Dalam Pemulihan Ekonomi

11 Januari 2022 ANONYMOUS Berita Kabupaten Bogor Dibaca 335 Kali
Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Kamis, 31 Desember 2021
 
CIAWI- Pemerintah Kabupaten Bogor lakukan apel siaga pasukan bersama jajaran TNI/POLRI dalam rangka pengamanan Tahun Baru 2022 di wilayah Kabupaten Bogor. Apel siaga pasukan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan di Lapangan Masjid Amalia, Ciawi, Kamis (31/12). Wakil Bupati Bogor meminta para petugas harus humanis dan tegas dalam menjalankan tugas pengamanan terhadap masyarakat.
 
Sebagai informasi turut hadir juga dalam kegiatan apel siaga pasukan yakni, Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bogor, Dandim 0621, Kapolres Bogor, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor.
 
Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, apel siaga pasukan dilakukan dalam rangka pengamanan Tahun Baru 2022 di wilayah Kabupaten Bogor. Apel gelar pasukan dilakukan untuk memantapkan kesiapsiagaan personil, peralatan serta seluruh aspek dalam rangka mendukung kegiatan masyarakat pada Perayaan Tahun Baru 2022. 
 
“Kegiatan hari ini membuktikan kesiapan Kabupaten Bogor dengan Forkopimda dan jajarannya, kesiapan dalam rangka penanganan dan pengawalan menyongsong Tahun Baru 2022. Alhamdulilah hari ini seluruh pasukan dari TNI, POLRI, dan seluruh stakeholder Satpol PP, BPBD, Pramuka, PMI  sudah kami siapkan untuk ikut andil dalam penanganan Tahun Baru, khususnya di beberapa tempat yang memang menjadi tempat-tempat terjadinya kerumunan, terutama  wilayah selatan  juga daerah Babakan Madang dan Sentul, itu yang memang kita lihat indikasi keramaiannya disana,” tuturnya.
 
Iwan Setiawan menyatakan, secara keseluruhan di Kabupaten Bogor, 2.800 personil disebar ke seluruh wilayah. Pasukan ditugaskan dan dibagi rata di di tempat wisata juga di kecamatan lain, mulai dari Bogor Utara, Bogor Barat dan Bogor Timur. Sebagaimana diketahui, kasus Covid-19 saat ini telah melandai seiring berjalannya program vaksinasi dan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes). Namun lonjakan kasus Covid-19 gelombang ketiga sangat mungkin terjadi, seiring adanya kasus varian Omicron baru yang meningkat di beberapa negara. Akhir-akhir ini masyarakat mulai abai terhadap Prokes dan cakupan vaksinasi dosis lengkap masih belum merata. Disamping itu harus berkaca juga pada pengalaman sebelumnya, dimana pola peningkatan kasus Covid-19 cukup signifikan setiap agenda liburan, sehingga seluruh pihak tidak boleh lengah dan harus tetap waspada.
 
“Pengawasan kita lakukan agar tidak terjadi mobilitas di kawasan Puncak, kita sudah ada beberapa aturan melalui Ganjil-Genap namun kita tidak ada penyekatan. Pemkab Bogor menerapkan kebijakan penutupan yang dimulai pada pukul 18.00 WIB, tidak hanya saat Covid tetapi setiap tahun kita lakukan. Untuk pengawasan yang akan kita lakukan, dengan cara mengurangi apabila terjadi tempat-tempat kerumunan, sesuai dengan SOP yang sudah diataur oleh Forkopimda dan sudah disampaikan kepada seluruh pasukan bagaimana mengurai itu. Kita harus mengedepankan sisi humanis, tidak kasar tetapi tegas terhadap masyarakat yang akan berlibur tidak kasar tetapi tegas,” ungkapnya.
 
Wabup Iwan menegaskan, di tengah pemulihan sosial dan ekonomi sangat penting untuk menjaga masyarakat tetap sehat dan terlindungi dari varian wabah penyakit dengan Prokes dan vaksinasi. Ia memastikan Prokes pemulihan ini dapat terus berjalan dalam suasana kondusif, untuk itu perlu personil gabungan yang akan bertugas pada malam hari ini dan beberapa hari kedepan. Dirinya meminta agar memaksimalkan pengawasan dan sinergi dalam mengamankan Tahun Baru. Terutama di titik-titik rawan kerumunan seperti pusat perbelanjaan, pusat kuliner, tempat wisata dan lainnya yang banyak dikunjungi,” tegas Wakil Bupati Bogor.
 
Wabup Iwan meminta agar pelaksanaan operasi pengamanan Tahun Baru 2022 dilakukan secara simpatik, humanis dan tegas sesuai aturan. Ia juga meminta kepada Satgas tingkat Kecamatan, tingkat desa/kelurahan, dan RT/RW untuk membantu dengan meningkatkan pemantauan, pengendalian Covid-19 saat Tahun Baru ini di wilayah masing-masing. Atas nama Pemkab Bogor, Wabup juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran peserta gabungan yang terlibat dalam pengendalian Covid-19 dalam Perayaan Tahun Baru 2022
 
“Untuk itu kami menghimbau tetap laksanakan Prokes walaupun sudah landau, pemerintah tetap khawatir, jangan sampai ada klaster karena Tahun Baru. Kurangi kerumunan dan tempat hiburan yang melewati waktu juga, kurangi jumlah orang agar sesuai dengan Prokes,” tandasnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor).
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar