• Jalan Raya Gunung Putri Selatan RT 01 RW 05 No 91
  • 085664477350
  • desagunungputri1@gmail.com
INFO
  • DESA GUNUNGPUTRI MANDIRI (MAJU, AMAN, DEMOKRATIS DAN RELIGIUS) "MAJU BERSAMA MEMBANGUN DESA

PROGRAM KERJA

01 Januari 2019 ANONYMOUS Dibaca 45 Kali

Dahulu kala ada sebuah negeri kecil yang terkenal karena kemakmurannya. Negeri kecil itu dikenal dengan nama Desa Gunungputri.

Pada tahun 1933 secara administrasi kenegaraan Desa Gunungputri mulai terbentuk dan masuk ke dalam salah satu desa di wilayah kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor. Kini Desa Gunungputri memiliki jumlah penduduk sebanyak 18.120 jiwa dengan luas wilayah 244 hektar yang terdiri dari 46 RT, 14 RW dan 4 dusun. Dusun 1 terdiri 4.401 jiwa, Dusun 2 terdiri 6.273 jiwa, Dusun 3 terdiri 3.247 jiwa dan dusun 4 terdiri 4.199 jiwa.

Ditanah inilah kami semua mulai tumbuh membangun banyak kehidupan. Dibawah pimpinan Bapak Daman Huri selaku Kepala Desa Gunungputri kami percaya pada satu visi. Maju bersama membangun Desa Gunungputri yang jujur, transparan dan merata. Demi terwujudnya masyarakat Desa Gunungputri yang sehat, sejahtera, berbudaya dan berakhlak mulia. Dengan semangat kolaborasi Desa Gunungputri memiliki beberapa lembaga dibawahnya yaitu BPD, BUMDes, TP PKK, LPM, Karang Taruna, MUI dan Satlinmas.

Yang pertama kita lakukan adalah penataan lingkungan dari Kabupaten Bogor terdapat kegiatan kampung ramah lingkungan (KRL) per RW. Maka Desa Gunungputri mengembangkan KRL tersebut menjadi per RT. Dan ini merupakan satu kewajiban program tiap-tiap RT juga dikembangkan disana wajibnya bank sampah yang ada di RT se Desa Gunungputri. Sasarannya kita memang tetap kepada lingkungan. Di tahun ke 2 ini KRL akan ditingkatkan kepada pola produksi dimana sudah disepakati oleh para RW.

  1. RW 02 labuh madu dan kolam ikan bioplok
  2. RW 04 ditanam labuh coklat
  3. RW 05 Ubi Jepang, Budidaya ikan lele dan ikan nila
  4. RW 06 terong-terongan
  5. RW 07 peternakan ayam KUB
  6. RW 08 pilot project Dinas Ketahanan Pangan Pekarangan Pangan Lestari dan KWT Mentari
  7. RW 09 ditanam pisang kepok
  8. RW 11 Ditanam Jahe merah dan penanaman sayur mayur kelompok tani
  9. RW 12 kelompok peternak ayam KUB

Seluruhnya tiap-tiap RW itu adalah cluster yang nanti akan berproduksi untuk mengembangkan UMKM barang produk khas yg ada di Desa Gunungputri. Kemudian dari UMKM itu akan dilanjutkan kepada produksi marketing yg sudah dibentuk oleh bumdesmart sebagai satu wadah untuk menampung semua produk-produk UMKM se Desa Gunungputri. Bumdesmart mengembangkan program-program untuk penampungan UMKM yg berkesinambungan dari hulu ke hilir.

Visi tersebut membawa Desa Gunungputri memiliki cita-cita yang menjadi prioritas bersama. kami akan melakukan pengembangan di bidang keagamaan, ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial budaya, kesehatan, pendidikan, keamanan dan yang lainnya.

Selain program-program umum kita juga mempunyai program unggulan terdiri dari :

  1. Kampung Ramah Lingkungan (KRL), program yang dibentuk untuk menciptakan perilaku masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.
  2. Bank Sampah, program untuk mengatasi permasalahan sampah dari hulu ke hilir merubah sampah menjadi berkah menuju kemandirian pengelolaan sampah desa.
  3. Desa digital, program yang menerapkan sistem pelayanan pemerintahan, pelayanan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat berbasis pemanfaatan teknologi informasi menuju smart village.
  4. Sekolah Adiwiyata, program pendidikan lingkungan hidup kepada warga sekolah. Gerakan PBLHS (Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah) aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring dan berkelanjutan yang dilakukan sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.
  5. Samaduha, program satu masjid dua Hafizh dan Hafizhah Desa. Mencetak generasi yang berkualitas dengan berlandaskan Al-qur'an dan As-Sunnah.
  6. Posyandu, program pos pelayanan terpadu untuk melakukan pendampingan kepada ibu hamil, pencegahan bayi stunting dan pemeriksaan lansia dalam rangka menuju desa sehat lahir batin.
  7. Desa lunas pajak, program untuk tertib dan taat pajak dalam mendukung program-program pemerintah.
  8. Desa bersinar, program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) yang dilaksanakan secara massif.
  9. Destana, program upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan resiko bencana (PRB) dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pasca keadaan darurat.
  10. Desa wisata literasi, program pustaka kolaborasi, perpustakaan berbasis inklusi sosial, untuk menumbuh kembangkan minat baca masyarakat.
  11. Ketahanan pangan, program ketahanan pangan sebagai sumber pangan keluarga pengembangan konsumsi dan penganekaragaman pekarangan pangan lestari.
  12. Batik ecoprint, program membuat batik ecoprint dengan dedaunan yang ramah lingkungan, yang dikoordinir oleh ibu-ibu PKK.
  13. UMKM, program kemandirian ekonomi masyarakat yang dibina oleh pemerintah Desa Gunungputri dengan diadakannya pelatihan khusus dalam menjalani sebuah usaha.
  14. Gerakan shalat subuh berjamaah, program shalat subuh berjamaah yang dilakukan kepala Desa Gunungputri di setiap masjid yang ada di Desa Gunungputri.
  15. Bumdesmart, program kemandirian ekonomi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Gunungputri dengan membangun BUMDes Mart.

Dalam semangat gotong royong untuk meningkatkan sinergitas antara pemerintah desa, lembaga desa, aparatur lingkungan dan seluruh elemen masyarakat diharapkan Desa Gunungputri terus maju dan dapat menjadi desa terbaik se Indonesia.

 

DESA GUNUNGPUTRI MANDIRI (MAJU, AMAN, DEMOKRATIS DAN RELIGIUS)

“MAJU BERSAMA MEMBANGUN DESA”

DARI DESA MEMBANGUN INDONESIA

TETAP SEMANGAT DAN TETAP SATU KOMANDO

 

Desa Gunungputri rumah kami, tanah kami, cerita kehidupan kami

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar